Tel Aviv, LiputanIslam.com–Menteri Luar Negeri Jerman, Sigmar Gabriel, memperingatkan Israel karena telah menambah rasa ‘frustrasi’ Uni Eropa akibat sikap mereka terhadap solusi dua-negara.

Berbicara di sebuah konferensi di Tel Aviv pada Rabu (31/1/18) kemarin, Gabriel mengkritik sejumlah anggota kabinet Israel yang “secara tegas menolak solusi dua-negara.”

Padahal, menurutnya, solusi itu “selalu menjadi fondasi komitmen kami untuk perdamaian Israel-Palestina dan untuk sejumlah besar pendanaan” dari Jerman dan Uni Eropa.

“Kami harus tahu jika Israel tidak mendukung solusi atas konflik ini lagi,” tegasnya.

“Sinyal ini akan selalu diperhatikan oleh Eropa, di mana jelas ada frustrasi yang meningkat akibat dari tindakan Israel,” tambahnya.

Ketika berbicara mengenai peningkatan kejahatan, kebencian, dan  pembangunan pemukiman ilegal oleh rezim Tel Aviv, Gabriel mengatakan, “Sangat sulit bagi saya untuk menjelaskan mengapa dukungan kami ke Israel harus dipertahankan.”

Gabriel juga sempat menyentuh topik mengenai pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel oleh Presiden AS Donald Trump beberapa waktu yang lalu.

“Amerika kini berpihak kepada kalian lebih terang-terangan dari sebelumnya. Namun apakah ini hal yang baik?” tanyanya.

Dia pun mengutarakan keraguannya atas keinginan AS menjadi mediator percakapan damai antara Palestina-Israel.

“Bisakah Amerika memainkan peran ini jika mereka berpihak seterbuka itu?” imbuhnya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL