menlu jepang cina korselTokyo, LiputanIslam.com — Menlu tiga negara Asia Timur yang saling bersaing dan menjadi kekuatan ekonomi utama kawasan, Jepang, Cina dan Korea Selatan (Korsel) akan bertemu bulan Maret mendatang untuk mengatasi perbedaan antara mereka.

Kantor berita Iran Press TV, mengutip media-medai Jepang, melaporkan hari Jumat (6/2), bahwa Menlu Jepang Fumio Kishida dan rekannya dari Cina Wang Yi dan Korsel Yun Byung-se akan bertemu di Seoul pada akhir bulan Maret mendatang.

Jubir pemerintah Jepang Yoshihide Suga, membenarkan laporan tersebut, mengatakan bahwa tanggal pasti dan tempatnya masih dibicarakan oleh para diplomat ketiga negara.

Dalam pertemuan itu diperkirakan akan dibicarakan berbagai isu regional, termasuk ekonomi, energi dan terorisme. Ini akan menjadi pertemuan tripartit ketiga sejak tahun 2012 setelah Jepang menganeksasi sebagian wilayah Kepulauan Senkaku atau Kepulauan Diaoyu di Laut Cina Timur.

Cina berkeras bahwa kepulauan tersebut merupakan bagian integral Cina. Sebaliknya Jepang menganggap kepulauan tersebut merupakan bagian dari wilayah Ishigaki, Provinsi Okinawa.

Kepulauan tersebut berada di bawah kontrol Jepang sejak penyerahan wilayah Okinawa kepada Jepang oleh AS pada tahun 1972, yang menduduki wilayah itu sejak Perang Dunia II.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL