Zarif-KerryNew York, LiputanIslam.com — Menlu Iran Mohammad Javad Zarif bertemu dengan Menlu AS John Kerry di sela-sela perundingan program nuklir Iran dengan negara-negara P5+1 (AS, Inggris, Perancis, Rusia, Cina dan Jerman) yang digelar di New York, AS.

Dalam pertemuan yang berlangsung hari Minggu (21/9) di suatu hotel itu, keduanya membicarakan berbagai isu penting. Demikian laporan kantor berita Iran Press TV.

Menurut laporan tersebut, Zarif dan Kerry selain membicarakan program nuklir Iran juga membicarakan ancaman kelompok ISIL yang kini menguasai sejumlah wilayah di Suriah dan Irak dan menimbulkan ancaman bagi seluruh komunitas masyarakat, termasuk Sunni, Syiah, Kurdi, Kristen, Izadi dll.

Namun tidak ada keterangan tentang isi pembicaraan lainnya.

Perundingan program nuklir Iran sendiri berlangsung sejak hari Jumat (19/9) pagi di markas PBB di New York. Delegasi Iran dipimpin oleh Zarif, sementara P5+1 dipimpin oleh kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton.

Kedua pihak berhasil mencapai kesepakatan bersejarah bulan November tahun lalu di Genewa, Swiss, dimana Iran setuju untuk mengurangi aktifitas pengayaan uranium dan negara-negara barat mencabut sebagian sanksi ekonomi terhadap Iran.

Pada bulan Juli lalu kedua pihak sepakat untuk melanjutkan perundingan hingga tanggal 24 November.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL