Kiev, merkel hololandeLiputanIslam.com — Menlu AS John Kerry, Kamis (5/2), tiba di ibukota Ukraina Kiev. Ia akan bertemu dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko, PM Arseniy Yatsenyuk serta Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis François Hollande. Mereka akan membahas krisis di Ukraina timur.

Dialog ini diadakan di tengah memburuknya situasi di bagian timur Ukraina, yang merupakan lokasi pertempuran tentara pemerintah dengan kaum separatis yang didukung Rusia.

Pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan Kerry akan menawarkan dukungan pemerintah AS atas usaha Ukraina untuk merundingkan gencatan senjata.

“Kerry mendukung usaha-usaha rakyat Ukraina untuk kembali bernegosiasi … dan menawarkan dukungan AS untuk semua bentuk diplomasi yang bisa meyukseskan dalam hal ini,” ujar pejabat senior Departemen Luar Negeri AS, demikian seperti dikutip Reuters.

Sementara itu pemerintah Rusia mengumumkan rencana kedatangan Presiden Perancis dan Kanselir Jerman ke Rusia untuk membahas masalah yang sama, yaitu krisis Ukraina. Keduanya dijadwalkan akan tiba di Moskow hari Jumat (6/2) setelah sebelumnya berada di Kiev.

“Saya bisa mengkonfirmasi bahwa besok (Jumat) Putin, Merkel dan Hollande akan mengadakan pembicaraan. Pemimpin ketiga negara akan berdiskusi tentang bagaimana mempercepat berakhirnya perang saudara di Ukraina, yang dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan dan menimbulkan banyak korban,” kata Jubir Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov sebagaimana dilansir Russia Today, Kamis (5/2).

“Bersama dengan Angela Merkel kami telah memutuskan untuk melakukan inisiatif baru. Kami akan membuat satu proposal baru untuk menyelesaikan konflik yang berbasis pada integritas wilayah Ukraina,” kata Presiden Perancis Hollande dalam konperensi pers di Kiev.

“Kemudian pada hari Jumat, kami akan mendiskusikan inisiatif ini dengan Presiden Rusia di Moscow, karena kami tidak memiliki waktu banyak,” tambahnya.(ca)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL