john kerry indonesiaJakarta, LiputanIslam.com — Menlu Amerika Serikat John Kerry membeberkan dampak-dampak yang akan terjadi apabila perubahan iklim tidak disikapi secara serius oleh dunia. Salah satunya adalah bahwa permukaan air bisa naik hingga 1 meter dan menenggelamkan setengah Jakarta.

“97% ahli iklim yakin bahwa perubahan iklim saat ini sedang berlangsung dan manusia yang bertangung jawab. Dan mereka sepakat bahwa bila kita tetap menempuh cara yang sama dengan yang seperti ini, dunia akan berubah secara dramatis menjadi lebih buruk,” kata Kerry dalam pidatonya tentang perubahan iklim di Jakarta, Minggu (16/2).

Menurut Kerry, perubahan iklim adalah sesuatu fakta yang telah dibuktikan oleh ribuan ilmuwan. Kerry kemudian menunjukkan fakta-fakta yang membuktikan bahwa perubahan iklim terjadi dengan sangat cepat.

“Delapan dari 10 tahun terpanas dalam sejarah terjadi dalam satu dekade terakhir. Suhu bumi semakin panas, es di Kutub Utara mencair dengan sangat cepat, dan mengakibatkan naiknya permukaan air laut,” papar pria berusia 70 tahun ini.

“Para ilmuwan mengatakan bahwa air laut diprediksi naik hingga satu meter. Itu bisa menenggelamkan setengah Jakarta,” lanjutnya.

Menurut Kerry, masalah perubahan iklim bukanlah sesuatu yang rumit. Ini merupakan hal yang sederhana dan harus disikapi secepatnya.

“Kita belum terlambat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah terjadinya perubahan iklim,” kata pria yang pernah menjadi capres AS di tahun 2004 ini.

Pendapat Kerry tentang perubahan cuaca itu sendiri sebenarnya masih menjadi hal yang kontroversi, karena sebagian ahli justru menyebutkan bahwa bumi justru mengalami pendinginan global. Kontroversi itu juga terlihat dari tidak lagi digunakannya istilah “pemanasan global” oleh pejabat-pejabat publik negara-negara maju, termasuk John Kerry, hingga media-media massa mainstream, melainkan dengan istilah “perubahan iklim”.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL