john kerryKairo, LiputanIslam.com — Menlu AS John Kerry berada di Kairo, Mesir untuk bertemu dengan presiden baru Mesir Abdul Fattah Al Sisi, Minggu (22/6). Sebelumnya Kerry bertemu terlebih dahulu dengan Menlu Mesir Sameh Shoukri.

Sebagaimana laporan BBC, misi utama John Kerry diperkirakan untuk mendesak Al Sisi menerapkan kebijakan politik yang lebih inklusif dengan menggandeng kelompok-kelompok politik yang ada di Mesir, termasuk mengurangi tekanannya terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin.

Diperkirakan juga Kerry akan meminta penjelasan tentang hukuman mati massal atas ratusan anggota Ikhwanul Muslimin termasuk para pemimpinnya.

Al Sisi (59 tahun), pemimpin militer yang mengkudeta Presiden terpilih Mohammad Moersi bulan Juli 2013 lalu, dinyatakan sebagai pemenang dalam pilpres Mesir bulan lalu dengan suara mutlak. Namun pemilu berjalan kontroversial karena tidak diikuti oleh kelompok politik terbesar Ikhwanul Muslimin yang telah dilarang pemerintah serta diboikot oleh kelompok-kelompok pro-demokrasi.

Al Sisi dalam sumpahnya setelah kemenangannya menyatakan akan memerangi terorisme dan membawa kedamaian di Mesir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL