Sumber: ekonomi.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimis tingkat inflasi pada akhir tahun ini akan bnerada di bawah target 3,5 persen.

Sri Mulyani mengatakan, angka tersebut bisa dicapai melihat inflasi tahun kalender yang saat ini masih sebesar 2,37 persen (ytd).

“Jadi kira-kira mungkin ada di dalam besaran itu yakni di bawah 3,5 persen yang jelas kayaknya kalau lihat sekarang masih di 2,37 persen,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (3/12).

Baca: Inflasi November 2019 Disumbang Wacana Kenaikan Tarif Cukai Rokok

Berdasarkan data BPS, inflasi pada November 2019 sebesar 0,14 persen secara bulanan dan 3 persen secara tahunan. Sedangkan, inflasi tahun kalender November 2019 sebesar 2,37 persen. Tingkat inflasi pada November 2019 dinilai masih terkendali.

Meski begitu, menurutnya, inflasi harus terus dijaga karena ada potensi lonjakan harga saat liburan Natal dan Tahun Baru nanti.

“Biasanya nanti musiman Desember ada keramaian sedikit karena adanya liburan itu yang menyebabkan ada sedikit kenaikan, tapi mungkin tidak akan terlalu bersar sehingga kita berharap masih akan dalam target di 3,5 persen,” ujarnya.

Untuk itu, dia meminta kepada pihak yang terkait untuk mewaspadai kenaikan harga pada libur Natal dan Tahun Baru. Sebab, kenaikan harga akan berdampak pada inflasi. (sh/bisnis/detik)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*