m nuhJakarta, LiputanIslam.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan Ujian Nasional (UN) tahun ini lebih maju dibanding ujian periode sebelumnya. Sebab, hasil ujian tersebut menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk masuk ke universitas melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Ini kemajuan yang luar biasa,” katanya saat melakukan inspeksi mendadak pelaksanaan ujian nasional di SMA Negeri 112 Jakarta, Senin (14/4).

Nuh mengatakan perguruan tinggi juga ikut membuat naskah soal ujian tersebut. Ia menginginkan kepercayaan univesitas untuk menerima hasil ujian ini bisa dijaga sehingga berlanjut. “Kami jaga supaya pelaksanaan ujiannya jujur,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pengembangan dan Penelitian Kementerian Pendidikan Furqon mengatakan selain hasil ujian, perguruan tinggi juga mensyaratkan nilai rapor dan prestasi akademik lain untuk masuk lewat jalur SNMPTN ini. Menurut dia, jatah mahasiswa yang diterima melalui gelombang itu minimal 50 persen dari kuota jumlah mahasiswa baru yang masuk.

Selain jalur tersebut, ada pintu masuk lain untuk diterima di universitas negeri, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang berdasarkan hasil tes tertulis serta keterampilan, dan jalur mandiri yang diserahkan sepenuhnya ke setiap perguruan tinggi negeri.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL