Sumber: haji.kemenag.go.id

Jeddah, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag), Lukman Hakim Saifuddin melakuan rapat dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terkait kesiapan penyelenggaraan ibadah haji 2019. Menag Lukman menyebut bahwa kesiapan layanan haji tahun ini sudah siap hampir seratus peresen.

“Saya bersyukur progres penyediaan layanan Jemaah haji di Saudi sudah hampir 100 persen selesai,” terang Menag Lukman di Jeddah, Arab Saudi, seperti dilansir liputan6.com, pada Senin (27/5).

Menag Lukman meminta  persiapan penyelenggaraan ibadah haji terus diawasi. Hal ini menurutnya penting guna memastikan kelancaran layanan haji. “Saya minta persiapan layanan ini terus dikawal dan dimonitor sehingga pada saatnya bisa berjalan lancar,” ucapnya.

Baca: Kemenag Minta Petugas Haji Dakwahkan Moderasi Beragama

Dalam rapat, dua hal yang paling menjadi sorotan. Pertama, layanan yang setiap tahun diberikan kepada jemaah, seperti akomodasi, konsumsi, transportasi dan kesehatan. Kedua, layanan yang baru pertama kali dilaksanakan tahun ini yang membutuhkan konsentrasi dan kesungguhan penanganan.

“Pengurusan bagasi dari bandara ke hotel jemaah perlu dipersiapkan dengan matang. Misalnya, apabila bagasi sampai duluan di hotel bagaimana? Atau jika bagasi tiba belakangan di hotel, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu. Hal ini harus disosialisasikan ke jemaah agar mereka tidak kecewa,” katanya. (aw/liputan6/okezone).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*