1-megaSemarang, LiputanIslam.com – Megawati Soekarnoputri dipastikan akan terus memimpin PDI-P setelah Rakernas IV partai yang berlansung di Marina Convention Center Semarang, Jateng, Sabtu (20/9/2014, secara aklamasi meminta Mega kembali memimpin partai untuk periode kepemimpinan 2015-2020.

Hal ini menguatkan fenomena ketergantungan partai kepada figur kuat. Ketergantungan seperti ini seringkali dianggap sangat buruk untuk regenerasi. Ketika sosok yang kuat kembali memimpin partai, secara otomatis para kader muda kehilangan kesempatan untuk menjadi penerus kepemimpinan.

Menanggapi hal ini, Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menolak bahwa telah terjadi kegagalan dalam regenerasi partai. Tjahjo mengatakan, “Regenerasi muncul ketika Anda melihat pengurus-pengurus cabang, ketua DPD, ketua DPR kota/kabupaten, banyak yang muda-muda. Pengertian regenerasi jangan dilihat dari satu struktur pusat saja, tapi secara komprehensif.”

Menurut Tjahyo, permintaan pengurus daerah agar Mega meneruskan kepemimpinannya terkait erat dengan proses sejarah partai. Mega punya peran penting membesarkan PDIP. “Ini proses perjuangan, ada proses sejarah sejak PNI sampai PDI Perjuangan yang dibidani Mega dan senior-senior sampai kongres keempat yang akan diselenggarakan April tahun depan,” sambungnya.

Mega sebelumnya telah menyatakan kesediaannya kembali menduduki posisi ketum. Mega beralasan bersedia mengiyakan permintaan 33 DPD PDIP, karena ingin membantu pemerintahan Joko Widodo.

Sementara itu, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani menyebut usulan agar Mega melanjutkan kepemimpinannya dikarenakan sosoknya yang terbukti bisa mempersatukan unsur partai.

“Kaitannya dengan ketum masih ada sosok Ibu Mega yang menjadi perekat dan pemersatu di kami, dan semua itu diputuskan sesuai mekanisme internal yang berlaku di PDIP,” ujar Puan.

Menurut Puan usulan 33 Ketua DPD PDIP agar Mega kembali jadi ketum tidak bisa dikaitkan dengan persoalan regenerasi kepemimpinan partai, sebab regenerasi di partai sebenarnya bahkan sudah nyata-nyata terjadi.

Puan menambahkan, “Terkait dengan regenerasi, saya rasa di PDIP sudah banyak sekali yang kami munculkan.Contoh nyatanya adalah Jokowi yang ditetapkan oleh Ibu Mega sebagai calon presiden, yang sudah sudah terpilih dan akan segera dilantik.” (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL