bursa saham cinaBeijing, LiputanIslam.com — Media-media Cina menganggap remeh berita tentang anjloknya bursa saham Cina dalam beberapa hari terakhir. Media resmi Xinhua menyebut kabar tersebut ‘terlalu dibesar-besarnya’.

“Kami percaya bahwa dampak bagi perekonomian keseluruhan oleh anjloknya bursa saham akhir-akhir ini adalah sangat terbatas. Peluang untuk berubah menjadi krisis finansial yang sistemik adalah sangat kecil,” tulis Xinhua, sebagaimana dilansir BBC News, Kamis (9/7).

Xinhua menyebutkan bahwa kondisi terburuk pun yang diakibatkan oleh gejolak bursa saham masih dalam jangkauan pengendalian yang tidak akan menimbulkan kerugian besar. Kantor berita ini juga mengingatkan bahwa pemerintah telah turun tangan untuk mengatasi gejolak tersebut, dan ‘kondisi pada akhirnya akan bisa dipulihkan’.

Sekitar 1.300 perusahaan telah menghentikan kegiatannya di bursa saham Cina dalam beberapa hari terakhir untuk menghindari kerugian setelah anjloknya indeks bursa saham Cina. Sementara otoritas perdagangan saham Cina berusaha memulihkan kondisi perdagangan dengan mengeluarkan sejumlah aturan baru.

Di sisi lain koran milik partai komunis, People’s Daily, menulis bahwa diperlukan sikap ‘rasional dan tenang’ dari para pelaku perdagangan, seraya menyebut ‘desas-desus’ dan ‘kepanikan’ hanya menjadikan kondisi semakin buruk.

“Kinerja bursa saham yang buruk tidak berarti perekonomian Cina buruk,” tulis People’s Daily, seperti dilaporkan BBC News.

Sementara itu Beijing Times menekankan bahwa ‘para pemilik saham mayoritas di perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam bursa saham tidak akan menjual sahamnya dalam 6 bulan mendatang”. Beijing Times menyebut 111 BUMN Cina telah berjanji tidak akan mengubah kepemilikannya.

“Tekanan yang dihadapi oleh perekonomian Cina saat ini adalah bagian dari rasa sakit karena pertumbuhan,” tulisnya.

Hal yang sama dikemukakan oleh media-media Cina daratan, namun media-media Hongkong terkesan lebih pesimis melihat tekanan bursa saham Cina. Demikian lapor BBC News.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL