roket hizbollahBeirut, LiputanIslam.com — Iran telah memasang peluru-peluru kendali pada roket-roket Hizbollah sehingga meningkatkan akurasinya. Demikian media Israel Jerusalem Post melaporkan awal bulan ini.

Mengutip keterangan pejabat pertahanan Israel, laporan tersebut menyebutkan bahwa Iran telah menyelundupkan senjata-senjata yang telah di-‘upgrade‘ tersebut ke Lebanon untuk diterima oleh Hizbollah.

Berbicara di sebuah konperensi tentang pertahanan Israel di Herzliya baru-baru ini, Kolonel Aviram Hasson, yang terlibat dalam pembangunan sistem pertahanan udara Israel, mengatakan bahwa Iran telah meng-‘upgrade‘ roket-roket Zilzal yang tidak berpengendali menjadi roket-roket yang lebih akurat M-600 dengan mengubah hululedaknya.

Hasson yang bekerja untuk HOMA — bagian dari Kemenhan Israel untuk pembangunan infrastruktur pertahanan Israel, menyebut Iran sebagai ‘mesin terlatih yang tidak pernah berhenti bekerja’. Ia menyebut keberhasilan Iran mengembangkan rudal-rudal ballistik dan rudal jelajah sebagai kemajuan yang sangat berarti. Iran, sebut Hasson, juga berhasil mengubah roket-roket yang kurang akurat menjadi senjata-senjata yang lebih akurat dengan tingkat akurasi kilometeran menjadi hanya meteran saja.

“Hizbollah, kini telah mendapatkan banyak senjata-senjata akurat dari Iran. Ini adalah situasi yang sangat berbeda dengan Perang Lebanon tahun 2006,” kata Hasson, merujuk pada perang dimana Israel mengalami kekalahan telak dari Hizbollah.

Sementara itu Riki Ellison, pendiri US Missile Defense Advocacy Alliance yang berbicara dalam konperensi itu mengatakan bahwa AS harus menempatkan setidaknya satu kapal perang yang memiliki sistem pertahanan udara Aegis di dekat Israel untuk membantu sistem pertahanan udara Israel dari ancaman rudal-rudal jarak jauh Iran.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL