feri sewolSeoul, LiputanIslam.com — Tim penyelam Korea Selatan kembali menemukan sesosok mayat di dalam bangkai kapal feri Sewol yang tenggelam bersama 300 penumpangnya bulan April lalu. Mayat itu seorang wanita yang ditemukan di dalam toilet.

Ini adalah penemuan pertama dalam 3 bulan terakhir. Demikian kantor berita Yonhap melaporkan sebagaimana dikutip BBC News. Jenasah terakhir yang ditemukan adalah seorang koki wanita yang ditemukan di bagian kafetaria. Jenasah itu ditemukan pada tanggal 18 Juli lalu.

Feri Sewol membawa 476 penumpang dan awak kapal saat tenggelam pertengahan April lalu. Jumlah korban tewas secara resmi mencapai 295 orang, namun 9 di antaranya belum ditemukan dan diduga masih terjebak di dalam bangkai kapal yang tenggelam di dasar laut.

Sementara itu kapten kapal Lee Joon-seok kini tengah menghadapi tuntutan hukuman mati. Dalam persidangan hari Senin (27/10) di kota Gwangju, Lee dituduh melakukan keteledoran yang berujung kepada kematian ratusan penumpang dan awak feri Sewol. Ia juga dituduh tidak melakukan upaya apapun untuk menyelamatkan penumpang dan justru meninggalkan kapal pada saat kapal hendak tenggelam.

Keluarga korban yang masih hilang menolak bangkai kapal untuk diangkat kembali dari dasar laut setelah meyakini jenasah korban telah hilang terbawa arus.

Para penyidik menyebutkan kombinasi angkutan yang melebihi batas, modifikasi ilegal atas kapal, penempatan dan perlakuan kargo yang tidak sesuai standar keamanan, dan awak kapal yang tidak profesional, menjadi penyebab tenggealmnya feri Sewol.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL