macriBuenos Aires, LiputanIslam.com — Mauricio Macri disumpah sebagai Presiden Argentina pada Kamis (10/12) menggantikan Cristina Fernandez de Kirchner, yang tidak menghadiri upacara itu. Macri menyerukan persatuan serta dialog nasional untuk memajukan Argentina pada abad ke-21.

Setelah mengambil sumpah jabatan di Kongres, Macri menyampaikan seruan ke majelis legislatif dan warga Argentina  untuk “berdialog, saling menghormati, dan bekerja bersama,” demikian seperti dilansir Antara.

Menanggapi kekhawatiran bahwa pemerintahan konservatifnya mungkin mengabaikan sektor sosial, Macri berjanji akan “bekerja tanpa lelah sampai empat tahun mendatang sehingga seluruh warga Argentina, khususnya mereka yang paling membutuhkan, kehidupannya lebih baik pada akhir periode ini.”

Macri memenangi persaingan ketat pemilihan presiden bulan November, mengalahkan kandidat partai berkuasa Daniel Scioli hanya dengan kurang dari tiga poin untuk menggantikan Cristina Fernandez.

Macri disumpah pukul 11.45 waktu setempat, didampingin istrinya Juliana Awada, putrinya Antonia dan Wakil Presiden Gabriela Michetti. Dalam pidatonya yang berlangsung hampir 30 menit, Macri menyebut rekan kandidatnya dalam pemilihan umum termasuk Scioli dan mengatakan, “Kita disatukan oleh panggilan demokrasi dan mimpi melihat Argentina maju.”

“Kita akan menyingkirkan konfrontasi dari panggung utama dan di tempatnya kita taruh kesepakatan, pembangunan dan pertumbuhan,” katanya.

Macri mengatakan pemerintahannya tidak akan menoleransi korupsi dan akan melanjutkan dukungan sistem peradilan independen.

Setelah upacara sumpah jabatan, Macri dan rombongannya tiba di mansion eksekutif dan istana kepresidenan Casa Rosada, tempat presiden dan keluarganya tinggal sampai empat tahun mendatang.

Dari balkon, Macri menyampaikan pidato ke kerumunan pendukung yang berkumpul di luar plasa, mengatakan “Hari ini kita akan memulai panggung indah di negara kita.”

Macri juga berterima kasih kepada para pendukungnya, dan “Saya cinta kalian, saya cinta negeri ini, untuk kalian dan dengan kalian kita akan membangun Argentina yang kita inginkan. Terima kasih.”(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL