Rumah dengan teknologi Risha

Rumah dengan teknologi Risha

Jakarta, LiputanIslam.com–Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum (Puskim Balitbang PU) ternyata telah menyiapkan teknologi tepat guna untuk membangun rumah yang murah, kuat, dan cepat selesai. Rumah yang diberi nama Sistem Runah Instan Sederhana Sehat (Risha) itu telah berhasil dibangung 10.000 unit di Aceh.

Kepala Puslitbang Permukiman Kementerian PU, Anita Firmanti mengungkapkan, Risha adalah hasil gubahan Kepala Balai Perumahan dan Lingkungan Puslitbang Permukiman Kementerian PU Arief Sabaruddin.

Pembuatan sistem ini, kata Anita, dilatarbelakangi kebutuhan dan rendahnya daya beli masyarakat umum di Indonesia. Menurut UU No 1 Tahun 2011, masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali, harus memiliki hunian yang layak. Jika daya beli masyarakat rendah, maka perlu adanya terobosan teknologi berkualitas namun rendah biaya.

“Selain itu, karena kebutuhannya begitu besar dan terus bertambah, maka perlu juga solusi yang cepat,” kata Anita, sebagaimana dikutip Kompas (17/6/2014).

Pada dasarnya, Risha adalah sistem pembangunan rumah yang menggunakan beton cetak atau precast concrete. Hanya dengan mencetak tiga modul dalam jumlah besar, rumah-rumah sederhana bisa dibangun dengan cepat. Masa pembangunannya hanya sepekan.

“[Ini] sangat cepat untuk ukuran membangun rumah layak huni,” tandas Anita.

Anita menambahkan, beton dipilih karena adanya nilai prestise. Selain itu, sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, penerimaan dari masyarakat pun tergolong baik.

“Selain Aceh, kami sudah membangun Risha di lebih dari 60 kawasan seluruh Indonesia. Sudah diuji tahan gempa. Jadi, untuk daerah rawan bencana, atu punya risiko tinggi terhadap gempa, maka teknologi ini sangat tepat. Bisa dikembangkan tidak hanya horizontal, tapi bisa juga secara vertikal,” pungkasnya. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL