Washington, LiputanIslam.com—Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan, AS tidak berencana menghentikan latihan militer bersama tahunan dengan Korea Selatan selama perhelatan Olimpiade Musim Dingin.

Korea Selatan dikabarkan akan menggelar olimpiade tersebut pada Februari mendatang, di tengah panasnya ketegangan dengan tetangga mereka Korea Utara.

Biasanya, Seoul dan Washington mengadakan dua latihan militer yang bernama Key Resolve dan Foal Eagle, setiap bulan Maret dan April, dengan partisipasi dari 17.000 tentara AS dan lebih dari 300.000 tentara Korsel.

Korea Utara, di pihak lain, sangat mengkritisi latihan militer bersama ini, karena dianggap sebagai persiapan perang terhadap negara mereka.

Pada awal bulan ini, media Korut menyebut aktivitas ini sebagai bentuk blokade laut yang merupakan “pelanggaran ceroboh” atas kedaulatan dan martabat negara Korut.

Meski Presiden Korsel Moon Jae-in sudah menyatakan kesiapannya untuk menunda latihan demi mengurangi ketegangan dengan Korut, AS tetap ngotot melanjutkan akivitas ini sesuai jadwal. (ra/presstv)

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*