matematikawan nobelNew Jersey, LiputanIslam.com — Matematikawan peraih hadiah Nobel serta tokoh yang digambarkan dalam film ‘A Beautiful Mind’, John Forbes Nash Jr., tewas bersama istrinya dalam kecelakaan lalu-lintas di Turnpike, New Jersey, AS, hari Sabtu petang waktu setempat (23/5).

Polisi mengatakan, Nash dan istrinya berada dalam sebuah taksi yang mengalami kecelakaan, dan keduanya terlempar dari kendaraan yang ditumpangi. Diduga kuat keduanya tidak mengenakan sabuk pengaman saat itu, kata pejabat kepolisian setempat, Gregory Williams, seperti dilaporkan Russia Today, Minggu petang (24/5).

Sementara sopir taksi tersebut hanya mengalami luka-luka dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Seorang penumpang kendaraan lain yang terlibat kecelakaan juga mengalami luka-luka.

John Nash (86 tahun) dan istrinya Alicia (82 tahun) telah menikah selama 60 tahun. Kecelakaan terjadi saat keduanya dalam perjalanan pulang setelah menghadiri acara pemberian penghargaan di Norwegia.

Nash dan rekannya, Louis Nirenberg, mendapatkan penghargaan Abel Prize di bidang matematika hari Selasa (19/5) yang disematkan oleh Raja Harald V.

Pada tahun 1994 Nash mendapatkan penghargaan Nobel bidang Ekonomi atas jasanya dalam mengembangkan Teori Permainan. Kisah hidupnya diabadikan dalam film Hollywood ‘Beautiful Mind’ yang dibintangi aktor Russell Crowe.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL