massa pro russia donetzDonetsk, LiputanIslam.com — Massa pro-Rusia menguasai gedung pemerintahan salah satu kota terbesar di Ukraina Timur, Donetz, Senin (3/3). Sementara militer Ukraina dilanda perpecahan setelah beberapa pejabat tinggi militernya membelot ke Rusia.

Menurut laporan Russia Today hari Senin, massa pro-Rusia menyerbu dan menguasai gedung pemerintahan kota Donetz. Mereka mengibar-ngibarkan bendera Rusia dan meneriakkan slogan-slogan pro-Rusia.

Aksi ini merupakan aksi susulan yang berlangsung 2 hari sebelumnya, ketika ribuan orang menyerbu gedung pemerintahan Donetz dan terlibat bentrokan berdarah dengan aparat keamanan dan massa pro-Ukraina.

Donetz adalah kota industri yang terletak di dekat perbatasan Rusia di timur Ukraina. Kota ini dikenal sebagai basis pendukung presiden terguling Yanukovych. Dewan kota ini telah menyatakan penolakan terhadap pemerintahan di Ukraina dan menetapkan referendum untuk menentukan status wilayah ini.

Laporan-laporan juga menyebutkan massa pro-Rusia menyerbu gedung pemerintahan Provinsi Odessa, Kharkiv dan beberapa kota lainnya di Ukraina Timur.

Aksi-aksi tersebut terjadi bersamaan dengan aksi pembelotan sebagian militer Ukraina ke Rusia. Satu brigade udara Ukraina yang berpangkalan di Belbek di dekat Sevastopol, menyatakan pembelotan terhadap pemerintahan baru Ukraina dan bergabung dengan pemerintahan baru Krimea yang pro-Rusia.

“Hari ini komando udara ke 204 di Belbek (berkekuatan 800 personil) menyatakan bergabung dengan rakyat Krimea,” kata jubir kesatuan tersebut kepada kantor berita Rusia Interfax, Senin (3/3).

Pada hari Minggu, bahkan sebuah keputusan mengejutkan diambil Panglima AL Ukraina Rear Admiral Denis Berezovsky, yang menyatakan bergabung dengan pemerintahan Krimea yang pro Rusia.

Langkah itu pun diikuti oleh beberapa pejabat tinggi militer Ukraina di Krimea: Komandan Security Service Petyor Zima, Kepala Service for Emergency Situations Sergei Shakhov, Kepala Department of Internal Affairs Sergey Abisov, dan Komandan Pengawal Perbatasan Krimea Victor Melnichenko.(ca/russia today)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL