malaysia airlinesKualalumpur, LiputanIslam.com — Harga saham Malaysia Airlines anjlok hingga 11% setelah jatuhnya pesawat MH17 di Ukraina, Kamis (17/7). Pada saat yang sama indeks-indeks saham di beberapa bursa saham di Asia juga mengalami penurunan di tengah kekhawatiran musibah MH17 akan semakin memicu ketegangan Ukraina yang melibatkan negara-negara barat dan Rusia.

Ini adalah musibah besar kedua Malaysia Airlines tahun ini setelah pada bulan Maret lalu pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang secara misterius di tengah penerbangan antara Kualalumpur-Beijing.

Kedua musibah besar secara beruntun itu tentu saja menimbulkan pertanyaan, apakah Malaysia Airlines akan mampu bertahan hidup?

“Bahkan jika ini adalah murni kecelakaan, tidak pernah terjadi dalam sejarah sebuah maskapai penerbangan nasional mengalami 2 kecelakaan pesawat berbadan lebarnya hanya dalam beberapa bulan saja,” kata Bertrand Grabowski, kepala bagian penerbangan DVB Bank yang menjadi bankir Malaysia Airlines sebagaimana dikutip BBC hari ini (18/7).

“Dukungan dari negara perlu diberikan lebih jelas dan besar,” tambahnya.

Perusahaan ini telah mengalami kerugian dalam beberapa tahun terakhir dan nilai pasarnya telah anjlok hingga 40% dalam waktu 9 bulan terakhir.

Laporan-laporan menunjukkan bahwa perusahaan investasi milik negara, Khazanah Nasional yang merupakan pemilik mayoritas saham Malaysia Airlines menginginkan perusahaan penerbang itu menjadi lebih privat (swasta).

Khazanah telah menginvestasikan $1 miliar dalam beberapa tahun terakhir dan telah mengindikasikan dilakukannya restrukturisasi besar-besaran terhadap Malaysia Airlines.

Berbicara dalam program World Service BBC, Mohshin Aziz, analis investasi Maybank di Kuala Lumpur, mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi Malaysia Airlines sebagai “terlalu sulit”. Tanpa tambahan dana yang signifikan, Malaysia Airlines tidak akan mampu bertahan dalam waktu setahun.

Bahkan jika masalah keuangan itu bisa diatasi, perusahaan masih menghadapi masalah kelangsungan hidupnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL