markel putinKiev, LiputanIslam.com Kanselir Jerman Angela Merkel mengabaikan seruan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk tidak campur tangan dalam urusan Ukraina, dengan bergabung dengan otoritas Eropa memihak pada pengunjuk rasa anti-pemerintah di Ukraina.

Merkel mengatakan dalam pidatonya di hadapan parlemen Jerman, bahwa pemerintah Ukraina harus mendengarkan permintaan para pengunjuk rasa seraya memuji keberanian mereka mengangkat suara melawan pemerintahan Kiev.

“Mereka berjuang atas nilai-nilai yang sama yang mengantar pada Persatuan Eropa, dan itulah mengapa mereka harus didengar,” ucap Merkel.

Kanselir Jerman itu mengatakan bahwa unjuk rasa oposisi berguna karena mereka telah memaksa Presiden Victor Yanukovych untuk berbicara mengenai “reformasi politik yang penting.”

“Kami mendukung, dengan seluruh sarana yang kami miliki, upaya untuk mencapai solusi damai atas konflik dan tuntutan beralasan pihak oposisi,” tambah Merkel.

Ungkapan dukungan Merkel ini keluar menyusul seruan Vladimir Putin kepada pihak luar agar tidak turut campur dalam urusan dalam negeri Ukraina.

Presiden Rusia ini mengecam kehadiran Barat dalam menengahi urusan dalam negeri Ukraina, dan mengatakan bahwa Moscow tidak akan membatalkan bantuan kepada Ukraina meski pihak oposisi nantinya meraih kemenangan.

“Apakah kami akan me-review kembali perjanjian energi dan pinjaman kami bila pihak oposisi berkuasa, maka saya katakan: Tidak! Kami tidak akan melakukannya,” tegas Putin dalam konferensi pers bersama pejabat tinggi Uni Eropa Herman Van Rompuy dan Jose Manuel Barroso, menyusul diselenggarakannya KTT Uni Eropa-Rusia di Brussels, hari Selasa (18/2).

Putin juga mengkritik kunjungan pejabat-pejabat Eropa dan AS ke Ukraina untuk mendukung unjuk rasa anti-pemerintah, dan mengatakan bahwa hal itu hanya memperburuk krisis yang tengah terjadi.

Ukraina diguncang unjuk rasa anti-pemerintah setelah Presiden Yanukovych menolak menandatangani perjanjian kerjasama dengan Uni Eropa pada KTT Kemitraan Timur di ibukota Lithuana, Vilvinus tgl 29 November 2013.(lb/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL