Thabo-Mbeki-who-succeeded-006Pretoria, LiputanIslam.com — Mantan presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki menyerukan boikot atas produk-produk buatan Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Sebagaimana laporan BBC dari ibukota Afsel Pretoria, Mbeki menyerukan boikot produk-produk Israel agar Israel “menerima hukuman” atas tindakan  mereka terhadap rakyat Palestina.

Secara historis rakyat Afrika Selatan memang dikenal sebagai pendukung perjuangan rakyat Palestina. Di antara tokoh-tokoh Afrika Selatan yang menunjukkan dukungan penuh terhadap Palestina adalah tokoh pejuang dan mantan presiden Nelson Mandela, Uskup Agung Desmond Tutu.

Rakyat Afsel yang pernah mengalami penindasan regim apartheid kulit putih, menyamakan penderitaan mereka dengan warga Palestina yang ditindas Israel. Namun secara formal, Afsel juga menjadi mendukung Israel dengan membuka kedubes di Israel.

Di sisi lain telah terjadi sebuah perdebatan publik yang cukup keras di Afsel setelah seorang pelajar yahudi Johannesburg’s King David Victory Park, Joshua Broomberg, memposting foto dirinya mengenakan kafiyeh (penutup kepala khas Palestina). Tindakan itu memicu warga pro-Israel membuat petisi menuntut pemecatan Joshua dari sekolahnya.

Thabo Mbeki sendiri menolak tuntutan agar pemerintah menarik dubesnya di Israel. Menurut Mbeki, keberadaan dubes Afsel di Israel berguna untuk melibatkan Afsel dalam upaya perdamaian Israel-Palestina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL