pejabat cinaBeijing, LiputanIslam.com — Seorang pejabat tinggi ekonomi Cina dipenjara karena terbukti menerima suap. Demikian BBC News melaporkan, Rabu (10/12).

Liu Tienan, seorang ekonom penting Cina dan mantan Deputi Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah dinyatakan menerima suap senilai jutaan dolar.

Keputusan itu diambil oleh pengadilan kota Langfang di utara Beijing, Rabu (10/12) setelah Tienan terbukti menerima suap senilai 35,6 juta yuan atau setara $5,8 juta atau lebih dari Rp 60 miliar yang diberikan oleh seorang pengusaha.

Dalam aksinya itu Tienan melibatkan anaknya, Lie Decheng, sebagai perantara. Demikian AFP melaporkan.

Selain menjalani hukuman penjara, seluruh harta dan kekayaan Tienan juga disita oleh negara. Demikian kantor berita Xinhua melaporkan dengan menambahkan bahwa Tienan telah menghindakan diri dari hukuman mati dengan bersikap kooperatif.

Kasus yang menimpa Tienan jarang terjadi di Cina, dimana dugaan tindakan pelanggaran hukum itu pertama kali muncul dari jurnalis Cina. Jurnalisme investigatif relatif jarang terjadi di Cina yang aparat penegak hukumnya sangat dominan.

Tienan adalah salah satu pejabat paling penting yang dipenjara setelah Presiden Xi Jinping melancarkan kampanye anti-korupsi pada tahun 2012. Minggu lalu mantan salah satu orang terkuat di Cina, mantan kepala keamanan dan anggota Politbiro Cina, Zhou Yongkang, ditahan atas dugaan korupsi dan kini tengah menjalani proses pengadilan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL