Washington, LiputanIslam.com—Mantan anggota Kongres AS, Ron Paul, memberikan pengakuannya bahwa terdapat sebuah jaringan rahasia bernama “negara bayangan” yang mengatur urusan-urusan pemerintah Amerika.

“Saya sangat percaya dengan adanya sebuah negara bayangan,” ujarnya dalam sebuah wawancara pada Jumat (17/7/17).

“Negara bayangan” yang dimaksud mengarah kepada organisasi-organisasi ekonomi dan intelijen yang memiliki pengaruh sangat kuat di dalam pemerintah AS.

Mantan Wakil Texas itu memberikan salah satu bukti. Selasa lalu, mayoritas Senat AS, yaitu 97 lawan 2, setuju dengan sanksi baru kepada Iran dan Rusia, meski terdapat oposisi kuat dari para anggota atas kebijakan itu.

Kebijakan yang dengan mudahnya disahkan itu menjadi bukti bahwa ada negara bayangan yang mengatur pemerintah, katanya.

Sebutan nagara bayangan, atau derin devlet dalam bahasa Turki, diartikan sebagai jaringan rahasia dari agensi berpengaruh atau militer yang beroperasi di luar sistem demokratik. Kelompok ini dipercaya telah lama berperan dalam memanipulasi dan mengontrol kebijakan pemerintah.

Peter Dale Scott, seorang profesor dari Universitas California, mencatat bahwa negara bayangan ini mengatur kematian Presiden John F. Kennedy. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL