komedian presidenGuatemala City, LiputanIslam.com — Seorang mantan komedian yang tidak memiliki pengalaman politik telah terpilih sebagai presiden Guatemala menyusul mundurnya presiden yang terlibat kasus korupsi.

Hasil penghitungan suara pemilihan umum yang digelar hari Minggu (25/10) menunjukkan Jimmy Morales meraih suara 69 persen. Demikian seperti dilansir Press TV, Senin petang (26/10).

“Bukanah saya yang mendeklarasikan kemenangan ini, melainkan rakyatlah yang melakukannya,” kata Morales (46 tahun) dalam pidato kemenangan usai pengumuman hasil penghitungan pemilu, hari Senin.

Morales menambahkan bahwa misinya sebagai presiden adalah ‘memerangi korupsi’ yang telah merusak negara tersebut.

Menurut para pejabat pelaksana pemilu jumlah pemilih yang berpartisipadi adalah sedikit di atas 50% dari total jumlah pemilih yang terdaftar. Morales yang diusung oleh partai National Convergence Front (FCN) mengalahkan saingan terdekatnya, mantan ibu negara Sandra Torres, istri mantan presiden Alvaro Colom yang menjabat tahun 2003 hingga 2011.

Morales dan Torres maju ke putaran kedua pemilu setelah pada pemilu sebelumnya tanggal 6 September tidak ada peraih suara mayoritas.

Pemilihan presiden ini digelar setelah President Otto Perez Molina mundur dari jabatannya pada bulan Agustus lalu setelah terlibat perkaran korupsi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL