mantan ibu negara korselSeoul, LiputanIslam.com — Mantan ibu negara Korea Selatan (Korsel) akan melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut). Hal ini menjadi moment yang sangat jarang, sekaligus meningkatkan harapan bakal berkurangnya ketegangan di semenanjung Korea. Demikian kantor berita Iran Press TV melaporkan, Selasa (4/8).

Lee Hee-ho, janda dari mantan Presiden Kim Dae-jung, akan memulai kunjungannya pada hari Rabu (5/7) dan akan berada di Korut selama 3 hari. Demikian pernyataan otoritas Korsel, Selasa (4/8).

Pemerintah Korsel berulangkali menegaskan kunjungan itu tidak ada kaitannya dengan pemerintah dan bersifat pribadi.

“Kunjungan ini adalah cukup penting, namun kami tidak akan mengirim pesan resmi apapun melalui dia,” kata Park Soo-Jin, jubir Kementrian Unifikasi Korea.

Dalam kunjungan itu Lee akan ditemani oleh 18 pembantu, termasuk sejumlah mantan pejabat dan pekerja sosial. Namun tidak ada pejabat Korsel yang aktif dalam rombongan itu.

Sejumlah laporan menyebutkan kunjungan tersebut bersifat kemanusiaan, diwana wanita berumur 93 tahun itu akan mengunjungi rumah sakit-rumah sakit, panti jompo dan penampungan yatim piatu di ibukota Korut Pyongyang.

Masih belum ada kejelasan apakah Lee akan bertemu pejabat Korut, termasuk pemimpin tertinggi Kim Jong-un. Keduanya telah bertemu sekali, saat Lee melayat jenasah pemimpin Korut yang juga ayah dari Kom Jong-Un, yaitu Kim Jong Il pada bulan Desember 2011.

Kunjungan Lee kali ini menjelang peringatan 70 tahun kemerdekaan kedua Korea dari penjajahan Jepang tanggal 15 Agustus 1945.

Mantan presiden Kim Dae Jung dikenal dengan kebijakannya yang bersahabat dengan Korut dan dikenal dengan ‘kebijakan matahari bersinar’, yang mengantarkan pada diselenggarakannya pertemuan bersejarah pemimpin tertinggi kedua negara pada tahun 2000.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL