shrirasmiBangkok, LiputanIslam.com — Mantan besan Raja Thailand ditahan aparat penegak hukum atas tuduhan penyalahgunaan pengaruh kerajaan.

BBC News melaporkan, Sabtu (28/2), suami istri Apiruj (72 tahun) dan Wanthanee (66 tahun) adalah orang tua dari Putri Srirasmi Suwadee, mantan istri dari Putra Mahkota Pangeran Vajiralongkorn. Keduanya ditahan setelah mengaku telah menggunakan pengaruh keluarga kerajaan untuk memenjarakan mantan tetangganya yang berperkara dengan mereka, 12 tahun yang lalu.

Putri Srirasmi sendiri bercerai dengan Pangeran Vajiralongkorn tahun lalu setelah terjadi skandal kekuasaan yang melibatkan keluarganya. Saat itu 7 kerabatnya ditangkap polisi atas berbagai kejahatan yang berujung pada pemecatannya sebagai anggota keluarga kerajaan pada bulan November 2014.

Pasangan tersebut menikah pada tahun 2001 dan Srirasmi merupakan istri ketiga sang Putra Mahkota.

Salah seorang paman Srirasmi, seorang perwira tinggi polisi, dipenjara 31 tahun karena berbagai tindak kejahatan terorganisir seperti perjudian, pemerasan dan penyelundupan.

Penangkapan mantan mertua raja tersebut merupakan bagian dari kampanye regim militer Thailand menindas elemen-elemen masyarakat Thailand yang kritis dengan kerajaan. UU ‘lese majeste’ yang masih berlaku di negara itu melarang setiap bentuk komentar atau tindakan-tindakan yang merugikan martabat keluarga kerajaan dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Raja Bhumipol kini telah berumur 87 tahun dan dalam kondisi sakit-sakitan. Namun pembicaraan tentang ‘suksesi’ menjadi sesuatu yang tabu di Thailand dan dapat dikenakan hukuman penjara.

Kelompok-kelompok HAM menyebutkan sejak militer mengambil alih kekuasaan dari pemerintahan PM Yingluck Shinawatra tahun lalu, tuduhan pelanggaran UU ‘lese majeste’ meningkat tajam.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL