rs inggrisLondon, LiputanIslam.com — Beberapa kesalahan fatal di sebuah rumah sakit di Inggris telah mengakibatkan kematian 11 bayi dan seorang ibu.

Seperti dilaporkan BBC News, Selasa (3/3), berbagai kesalahan fatal itu terjadi di sebuah rumah sakit di Cumbrian, Inggris. Demikian seperti dilaporkan oleh sebuah penyelidikan yang dilakukan terhadap Yayasan Morecambe Bay NHS Foundation Trust.

Dalam penyelidikan itu ditemukan setidaknya 20 kesalahan fatal dalam perawatan terhadap pasien antara tahun 2004 hingga 2013 di RS Furness General Hospital, Cumbrian.

Dalam laporan itu, kesalahan-kesalahan itu disebut sebagai “insiden-insiden yang serius dan mengagetkan”. Laporan itu sekaligus mengkritik NHS (National Health Service), atas kegagalan melakukan pengawasan terhadap rumah sakit-rumah sakit.

Penyelidikan yang dipimpin oleh mantan pejabat Departemen Kesehatan Dr Bill Kirkup itu menyebutkan bahwa masalah-masalah yang ditemukan mencerminkan sebuah kesalahan sistematis dan massif yang terjadi di semua level hingga tingkat nasional.

Disebutkan dalam laporan itu bahwa unit-unit perawatan ibu dan bayi telah gagal menyediakan perawatan standar yang diberikan staff medis yang tidak cakap.

Meski kesalahan-kesalahan itu dimulai sejak tahun 2004 dan terus berlanjut, namun baru baru pada kasus di Furness General Hospital itulah menjadi perhatian luas pada tahun 2011, setelah terjadinya 5 mallpraktik besar pada tahun 2008 dan 5 kasus besar lainnya setahun kemudian.

Kasus yang paling menarik menimpa seorang bayi bernama Joshua yang meninggal di rumah sakit itu karena tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Ahli forensik yang menyelidiki kematian itu menyimpulkan kematian itu disebabkan oleh kesengajaan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*