kuburan massal malaysiaKuala Lumpur, LiputanIslam.com — Otoritas Malaysia menemukan kuburan massal berisi 24 jenazah yang diduga korban perdagangan manusia di wilayah perbatasan dengan Thailand, kata polisi, Minggu (23/8).

Perbatasan Malaysia-Thailand yang berupa hutan lebat menjadi tempat persinggahan para penyelundup yang membawa orang-orang asal Myanmar dan Bangladesh ke Asia Tenggara dengan kapal.

Para migran itu, menurut laporan Reuters dan dilansir Antara, Senin (24/6), sering ditahan untuk dimintai uang tebusan dan mereka ditempatkan di tempat yang tidak layak, seringkali kelaparan dan mengalami kekerasan hingga meninggal.

Polisi mengangkat 24 mayat pada hari Sabtu, di Bukit Wang Burma, di perbatasan Malaysia dan Thailand. Di wilayah ini pada bulan Mei lalu ditemukan sejumlah kuburan massal berisi ratusan mayat imigran asal Myanmar dan Bangladesh.

“Menurut hasil operasi kami menemukan mayat-mayat para pendatang, lebih dari 24 jenazah yang berhasil digali dan diangkat,” kata polisi dengan menambahkan bahwa jenazah mereka di kirim ke dokter ahli untuk penyelidikan.

Penggerebekan oleh pihak berwenang Thailand pada bulan Mei menyebabkan para penyelundup manusia meninggalkan ribuan pendatang di atas perahu butut yang sarat penumpang di perairan menuju Asia Tenggara. Hal ini menimbulkan krisis kemanusiaan ketika mereka diselamatkan nelayan dan mendarat di Malaysia dan Indonesia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL