isis malaysiaKualalumpur, LiputanIslam.com — Polisi Malaysia menangkap 13 orang pria dan wanita yang hendak bergabung dengan kelompok teroris ISIS di Suriah.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (15/10), di antara yang ditangkap itu adalah beberapa pelajar dan pekerja pabrik. Namun pejabat-pejabat Malaysia tidak memberikan keterangan lebih rinci tentang penangkapan itu.

Pejabat-pejabat Malaysia menyebutkan bahwa setidaknya sebanyak 30 orang telah ditangkap karena hendak bergabung dengan kelompok ISIS sejak bulan April lalu.

Penangkapan terakhir ini terjadi hari Selasa (14/10), setelah polisi menggerebek sebuah restoran di Shah Alam, dekat Kuala Lumpur setelah mencurigai calon rekrutan ISIS itu berkumpul.

Dalam konperensi pers yang digelar tentang insiden itu, Kepala Kepolisian Khalid Abu Bakar mengatakan bahwa Malaysia terus melakukan pengawasan ketat terhadap aktifitas ISIS dan para pendukungnya.

“Militansi dan terorisme tidak memiliki tempat di negeri ini,” katanya.

Kelompok-kelompok militan di Malaysia aktif mempromosikan agenda-agendanya termasuk melakukan rekruting anggota baru melalui media sosial.

Pada bulan Juni lalu Kemenlu Malaysia mengumumkan sebanyak 15 warga Malaysia anggota ISIS tewas dalam pertempuran di Suriah. Sebulan kemudian Kepolisian Malaysia mengklaim telah menggagalkan rencana serangan teroris oleh ISIS terhadap beberapa pub, klub malam dan tempat penjualan minuman keras.

Selama ini Malaysia dianggap sebagai basis kelompok-kelompok teroris di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, seperti Jemaah Islamiah, yang dituduh bertanggungjawab atas tragedi Bom Bali tahun 2002 yang menewaskan lebih dari 200 orang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL