sarung tangan ebolaKualalumpur, LiputanIslam.com — Malaysia akan menyumbangkan lebih dari 20 juta sarung tangan karet untuk menangangi penyebaran virus ebola di Afrika. Demikian pernyataan pemerintah Malaysia, sebagaimana dilaporkan BBC News, Senin (15/9).

Sarung tangan-sarung tangan itu akan dibagi ke 5 negara Afrika yang saat ini terkena wabah viru ebola, yaitu Liberia, Sierra Leone, Guinea, Nigeria dan Kongo.

Salah satu faktor yang mendukung penyebaran virus adalah keterbatasan peralatan yang dibutuhkan untuk mencegah penyebaran virus, dan sarung tangan karet adalah salah satunya.

Sebelumnya para pekerja kesehatan di Liberia telah melakukan aksi mogok kerja sebagai protes atas kurangnya peralatan perlindungan bagi mereka.

Saat ini Malaysia adalah produsen terbesar sarung tangan karet di dunia dengan pangsa produksi mencapai 60%.

“Malaysia bisa membuat kontribusi yang unik dan vital dalam perang melawan ebola, karena kami adalah produsen terbesar sarung tangan karet,” kata PM Malaysia Najib Razak dalam pernyataan yang dikutip BBC.

“Kami berharap kontribusi ini akan mencegah penyebaran Ebola dan menyelamatkan banyak nyawa,” tambahnya.

Dalam skema bantuan ini, Malaysia akan mengirimkan 11 kontainer yang masing-masing berisi 1,9 juta sarung tangan karet. Namun pemerintah Malaysia tidak menyebutkan apakah bantuan tersebut termasuk biaya pengirimannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL