dewan keamanan pbbNew York, LiputanIslam.com — Malaysia pada hari Kamis (2/7) meminta Dewan Keamanan PBB untuk menggelar persidangan terhadap pihak-pihak yang menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina Timur tahun lalu.

Pesawat itu ditembak jatuh pada Juli, menewaskan 298 penumpang, dan dua-pertiga dari mereka warga negara Belanda. Pesawat jatuh di kawasan yang dikuasai pemberontak Ukraina yang didukung Rusia.

Ukraina dan negara Barat menuduh pemberontak menembak pesawat itu dengan peluru kendali buatan Rusia, sementara pemberontak dan Rusia menuduh militer Ukraina yang menembak pesawat itu. Rusia bahkan pernah merilis gambar satelit yang menunjukkan pesawat tempur Ukraina menembakkan rudal ke pesawat penumpang Malaysia tersebut.

“Malaysia mengatakan kepada negara anggota Dewan Keamanan PBB pagi ini tentang niat mengajukan resolusi terkait pesawat MH17,” kata Dubes Selandia Baru untuk PBB Gerard van Bohemen, yang menjabat Presiden Dewan Keamanan untuk periode bulan Juli 2015.

“Mereka sedang mencari mekanisme untuk menggunakan aspek pidana dalam kaitan jatuhnya pesawat,” katanya lagi seraya menambahkan bahwa proposal itu adalah usulan bersama antara Malaysia, Australia, Belanda, Belgia dan Ukraina.

Misi Rusia di PBB menolak berkomentar terkait proposal tersebut.

Belanda telah memimpin misi berbagai negara untuk menyelidiki kecelakaan itu. Malaysia, Australia, Belgia dan Ukraina juga merupakan bagian dari penyelidikan bersama. Para peneliti Rusia juga telah menyelidiki kejadian nahas tersebut.

“Saya menduga isu ini akan menjadi materi sensitif konsultasi dalam beberapa bulan ke depan,” kata van Bohemen kepada wartawan, sebagaimana dilansir Antara, Jumat (3/7). Dia menyebut Malaysia belum mengedarkan naskah resolusi.

Komisi penyelidik internasional yang dipimpin Belanda pernah berjanji akan merilis hasil akhir penyelidikan pada pertengahan tahun ini. Namun hingga sekarang belum ada kejelasan tentang penyelidikan tersebut.

Tahun lalu komisi merilis laporan awal penyelidikan yang menyebutkan bahwa pesawat MH17 jatuh akibat hantaman benda berkecepatan tinggi, namun tidak menyebutkan secara jelas benda tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL