140322_malaysia-mh370Kualalumpur, LiputanIslam.com — Malaysia kembali mengeluarkan pernyataan yang membingungkan dan justru menambah kecurigaan tentang ketidak profesionalan mereka dalam menangani masalah hilangnya pesawat MH370.

Setelah sempat meralat foto penumpang berpaspor palsu yang diketahui publik sebagai foto palsu, Malaysia kembali meralat pernyataan mereka tentang perkataan terakhir pilot MH370 sebelum hilang.

“Kami mengkonfirmasikan bahwa percakapan terakhir dari transkrip antara air traffic controller dengan kokpit adalah ‘good night Malaysian three seven zero,” demikian pernyataan departemen penerbangan sipil Malaysia, seperti dilansir Reuters, Selasa (1/4).

Pernyataan ini merevisi keterangan pihak Malaysia yang sebelumnya hanya menyebutkan kalimat “all right good night” sebagai kalimat terakhir. Kalimat yang dirilis pertama kali sangat berbeda konteksnya dengan yang disebutkan terakhir ini.

Koreksi ini dilakukan setelah pihak Malaysia mendapatkan kritik tajam terutama dari keluarga penumpang asal Cina. Pihak Malaysia dianggap tidak becus dan menyembunyikan informasi mengenai MH370 yang sampai saat ini belum ditemukan.

Good night Malaysian three seven zero” merupakan suatu kalimat yang lebih formal dan standar dilakukan dari ruang kokpit pesawat Boeing 777 tersebut, yang kala itu baru meninggalkan wilayah udara Malaysia.

Beberapa menit kemudian, komunikasi terputus. Belakangan diketahui bahwa pesawat putar balik ke Malaysia dan menuju ke Samudera Hindia.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*