mh17 tim malaysiaKualalumpur, LiputanIslam.com — Malaysia akhirnya bergabung ke dalam tim penyidik internasional atas kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina bulan Juli lalu.

Sebagaimana laporan Malay Mill, Senin (1/11), Malaysia kini bergabung ke dalam tim penyidik internasional yang dipimpin Belanda bersama negara-negara Ukraina, Australia, dan Belgia.

Jaksa Agung Malaysia Tan Sri Abdul Gani Patail mengatakan kepada Malay Mail bahwa penunjukan Malaysia sebagai anggota baru tim penyidik diterima melalui surat yang dikirim Kantor Penyidikan Nasional Belanda tertanggal 28 November. Patail pun berencana untuk pergi ke Belanda untuk mengikuti pertemuan Eurojust Coordination Meeting pada tanggal 4 Desember.

Pesawat MH17 jatuh di wilayah Donetsk, Ukraina timur tanggal 17 Juli lalu, menewaskan 298 awak dan penumpangnya.

Menurut laporan awal tim penyidik awal September lalu pesawat MH17 menyebutkan pesawat itu jatuh akibat hantaman beberapa benda berkecepatan tinggi, namun tidak disebutkan indikasi benda tersebut.

Ukraina dan negera-negara barat menuduh pemberontak Ukraina sebagai penembak jatuh pesawat tersebut dengan senjata yang dipasok oleh Rusia. Namun Rusia menuduh Ukraina lah pelaku penembakan pesawat tersebut berdasar foto satelit yang menunjukkan keberadaan pesawat tempur Ukraina di dekat pesawat MH17.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL