masmh370Kualalumpur, LiputanIslam.com — Selain mengeluarkan laporan baru tentang percakapan menara kontrol udara, maskapai Malaysia Airlines juga meminta para keluarga penumpang yang menginap di Malaysia untuk kembali ke rumah. Maskapai berjanji tetap akan memberitahu perkembangan MH370.

Dilansir dari BBC News, Jumat (2/5), pihak Malaysia Airlines meminta para keluarga untuk meninggalkan hotel dengan menyediakan akomodasi untuk memulangkan para keluarga ke rumah mereka. Belum diketahui apa respon dari pihak keluarga.

Sementara itu, berdasarkan laporan terbaru MH370, pencarian menjadi semakin rumit dilakukan. Terdapat jeda 4 jam dari proses laporan hilang hingga ke proses pencarian membuat posisi Malaysia Airlines tidak bisa ditentukan secara signifikan.

Selain meminta keluarga penumpang untuk pulang, Malaysia Airlines juga sudah menghentikan pencaroan pesawat via udara. Setelah tujuh minggu melakukan pencarian yang intens namun tidak membuahkan hasil, upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 melalui udara secara resmi telah dihentikan. Pesawat-pesawat dari berbagai negara pun dipulangkan.

Selain pencarian melalui udara, 14 kapal dari Australia, China dan Inggris juga selalu dilibatkan dalam pencarian di atas permukaan laut di Samudera Hindia. Namun kini, sebagian kapal tersebut juga akan ditarik mundur.

Malaysia Telat 4 Jam Respon Laporan ATC Vietnam
Pihak maskapai Malaysia Airlines akhirnya merilis laporan air traffic control (ATC) kepada publik. Dalam laporannya, terdapat kejanggalan dalam proses penanganan pencarian. Ada jeda waktu 4 jam dari proses hilang ke proses pencarian.

Dikutip dari CNN, Jumat (2/5), hilangnya pesawat itu diketahui pada 8 Maret pukul 01.21 waktu setempat. Tidak sampai 17 menit kemudian, menara kontrol udara di Ho Chi Minh, Vietnam, melaporkan pesawat dengan nomor MH-370 itu menghilang dari radar.

Tetapi ada kejanggalan, pihak Malaysia baru bisa memutuskan untuk melakukan pencarian setelah 4 jam pemberitahuan dari menara kontrol udara Vietnam.

Proses pencarian baru dimulai pada pukul 05.30 waktu setempat. Pencarian baru dilakukan setelah semua upaya untuk menghubungi pesawat itu gagal.

Pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu sudah 55 hari menghilang dan belum diketahui nasibnya. Pencarian sudah dilakukan di beberapa lokasi bahkan sampai ke Samudera Hindia. Sampai saat ini pesawat itu belum bisa ditemukan.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL