chubu-airport-moslem

Tokyo, LiputanIslam.com — Jepang akan membuka ruang untuk shalat dan menawarkan makanan halal bagi wisatawan Muslim bertepatan dengan dimulainya rute baru ke Malaysia, Central Japan International Airport Co. Demikian diumumkan pada tanggal 4 Maret.

“(Malaysia) adalah daerah yang penuh vitalitas, dan kami memiliki harapan besar bahwa jumlah pengunjung dari sana akan meningkat,” kata Kenichi Suzuki, direktur divisi perencanaan promosi penjualan perusahaan tersebut.

Menurut para pejabat, bandara ini akan membuka ruang shalat di lantai dua dari bangunan terminal pada tanggal 17 Maret bertepatan dengan dibukanya rute baru ke Malaysia. Ruang berkarpet seluas 20 meter persegi akan dilengkapi tanda panah di langit-langit yang menunjuk ke arah Mekah, kota paling suci dalam agama Islam.

chubu airport moslem2

Sebuah fasilitas serupa akan dibuat di daerah bandara internasional di lantai tiga pada bulan April, kata para pejabat. Narita, Kansai, New Chitose dan bandara lainnya di Jepang memiliki ruang shalat bagi umat Islam, kata para pejabat.

Karena hukum Islam melarang konsumsi alkohol dan babi, beberapa restoran di gedung terminal Bandara Chubu akan menampilkan menu dengan berbagai item yang tidak mengandung bahan-bahan tersebut.

Awal layanan baru ini sejalan dengan dibukanya rute baru maskapai penerbangan murah AirAsia X yang menghubungkan bandara tersebut dengan Kuala Lumpur, ibukota Malaysia, sebuah negara di mana umat Islamnya mencapai 60 persen dari populasinya.

Menurut Japan National Tourism Organization (Organisasi Pariwisata Nasional Jepang), jumlah pengunjung dari Malaysia tahun lalu naik 35,6 persen dari tahun sebelumnya ke rekor 176.500, berkat persyaratan mudah bagi visa turis dan pertumbuhan ekonomi yang stabil di Malaysia.

Chubu Airport hanya memiliki satu rute ke negara yang mayoritas Islam yaitu penerbangan ke Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab, yang ditawarkan oleh Etihad Airways dari negara tersebut.

Sumber: Japanese Station (LiputanIslam.com/af)


DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*