tim robot PENSConnecticut, LiputanIslam.com–Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Indonesia yang berhasil menjadi juara satu, dua, dan juara tiga, di kontes robot internasional “Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2014” di Trinity College, Hartford, Connecticut, AS, 5-6 April. Tim robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini menang dalam kategori pemadam api divisi senior beroda.

Sebenarnya, kami mengirimkan tiga robot pemadam api dari kategori beroda, dan semuanya mendapat dukungan dana dari pemerintah. Selain itu, tim PENS mendapat titipan sebuah robot berkaki dari Politeknik di Bandung untuk diikutsertakan dalam lomba yang sama, meski tidak didanai pemerintah. Alhamdulillah, ketiga robot beroda dan sebuah robot berkaki itu menjadi juara semuanya ” kata Humas PENS Andri Suryandari, sebagaimana dikutip antara.com.

Mendikbud Mohammad Nuh saat menyambut tim ini di bandara Juanda Surabaya, mengatakan, “Kami bangga akhirnya bisa kembali menunjukkan kepada dunia kalau mahasiswa dan perguruan tinggi Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional.”

Yang lebih membanggakan lagi, ungkap Menteri Nuh, anggota tim itu ada yang berasal dari penerima Bidikmisi, salah satu program Kemdikbud untuk memberikan bantuan biaya kuliah gratis kepada mahasiswa berprestasi namun dari kalangan kurang mampu.

“Sungguh ini satu lagi bukti nyata mereka dari keluarga tidak mampu pun bisa berprestasi jika diberi kesempatan. Tugas kita adalah memberikan kesempatan itu,” katanya.

Tim PENS yang sebelumnya menjuarai Kontes Robot Cerdas Indonesia 2013 itu terdiri dari tiga mahasiswa, dua dosen pembimbing, dan seorang official. Ketiga mahasiswa adalah Derry Pratama, Saiful Fatoni, dan Mughni Syahid.(dw/antara.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*