Symber: iain-jember.ac.id

Jember, LiputanIslam.com– Ribuan mahasiswa Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Jawa Timur, khususnya mahasiswa baru yang tergabung dalam kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)  melakukan deklarasi kesetiaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deklarasi dibacakan di kampus IAIN Jember, pada Rabu (21/8).

Tiga point yang dibacakan pada deklarasi itu ialah: pertama, mengakui sebenar-benarnya bahwa Pancasila adalah ideologi Bangsa Indonesia, Undang- Undang Dasar 1945 adalah dasar negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan Bangsa Indonesia.

Kedua, mahasiswa baru IAIN Jember akan selalu setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesi, dan menolak keras atas segala tindakan radikalisme, baik atas nama etnis maupun atas nama agama.

Ketiga, mahasiswa baru IAIN Jember akan selalu mengutamakan dan memegang prinsip moderasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana Agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin.“Kami siap menjadi lokomotif utama untuk mewujudkan peradaban moderat,” ucap mereka.

Baca: Pada Mahasiswa, Kemenag: Jaga Pancasila dan NKRI

Sementara Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, H Babun Suharto juga meminta kepada seluruh mahasiswa agar memegang teguh empat amanah KH Achmad Sidiq dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari- hari. Yakni shalat berjamaah, memperbanyak membaca Al-Quran, membaca shalawat, dan terakhir tidak dzolim kepada orang lain. (aw/NU/iain-jember).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*