SPU-SignSeattle, LiputanIslam.com — Beberapa mahasiswa pemberani berhasil menghentikan usaha pembunuhan massal oleh seorang pelaku di kampus Seattle Pacific University (SPU), negara bagian Washington, AS, hari Kamis (5/6) waktu setempat. Tanpa keberanian para mahasiswa tersebut, kemungkinan besar terulang kembali pembunuhan massal di sekolah sebagaimana beberapa peristiwa sebelumnya.

Polisi menyebutkan, seorang mahasiwa menyerang pelaku yang tengah berusaha mengisi pelurunya yang habis (reload) dan menyemprotkan cairan lada ke matanya. Beberapa mahasiswa lainnya kemudian membantunya dengan merebut senjata dan membekuk pelaku.

Pelaku yang diketahui bernama Aaron Ybarra (26 tahun) kini tengah menjalani penahanan di kantor polisi setempat. Ia diketahui bukan mahasiswa di kampus SPU.

Polisi menyebutkan pelaku kini menghadapi tuduhan pembunuhan dan upaya pembunuhan setelah sebelumnya telah menembak mati seorang korban dan melukai 3 orang lainnya.

Pelaku dilaporkan membawa sebuah senjata serbu (shotgun) dan sebilah pisau belati ketika ia mulai menembaki orang-orang di kompleks kampus.

“Namun berkat respon hebat dari mahasiswa Seattle Pacific University (SPU) insiden ini tidak menjadi lebih tragis,” kata jubir kepolisian Seattle Paul McDonagh dalam konperensi pers.

Rektor SPU Daniel Martin mengatakan kepada “Seattle Times” bahwa para mahasiswa telah bertindak tanpa mempedulikan nyawanya sendiri demi keselamatan orang lain.

“Kami adalah anggota masyarakat dan kami peduli satu sama lain,” kata Martin menanggapi peristiwa tersebut.

Ia menyebutkan bahwa para mahasiswa di kampusnya telah memahami prosedur keamanan saat terjadi penembakan sehingga insiden tersebut bisa ditangani dengan cepat.

Sementara itu petugas kesehatan menyebutkan seorang pemuda berumur 20-an tahun tewas dalam insiden tersebut. Sementara seorang wanita mengalami luka serius akibat tembakan. Sedanga 2 korban luka lainnya juga pemuda berumur 20-an tahun, namun kondisinya stabil.

SPU adalah universitas swasta yang didirikan oleh yayasan Kristen dengan jumlah mahasiwa mencapai 4.270 orang. Kampus seluas 40 acre itu berada sekitar 10 menit dari pusat kota Seattle.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL