secret-service-catAmsterdam, LiputanIslam.com — Tiga personil Secret Service (Paspampres Amerika) dipulangkan ke ke negaranya karena mabuk di Amsterdam, Belanda. Pemulangan itu dilakukan setelah salah satu agen ditemukan pingsan di lorong hotel. Staf hotel yang menemukan si agen melaporkannya ke pihak berwenang AS.

Menurut juru bicara Paspampres Amerika, Edwin Donovan, agen Secret Service berada di Amsterdam untuk mempersiapkan kunjungan Prasiden Barack Obama pada pekan ini. Berdasarkan peraturan, agen rahasia dilarang mengkonsumsi alkohol 10 jam sebelum bertugas.

“Mereka minum-minum pada Sabtu malam, hanya beberapa jam sebelum taklimat singkat pada Ahad pagi dan itu melanggar peraturan,” kata Donovan di ABC News, Selasa (25/3).

Ketidakdisiplinan agen Secret Service bukan kali ini terjadi. Pada tahun 2012, sejumlah agen rahasia pernah mabuk-mabukan di Klub Cartagena, Kolombia, beberapa hari sebelum kunjungan Obama. Bahkan, mereka sempat membawa pelacur ke hotel.

Karena kasus itu, sebelas agen Secret Service langsung ditarik pulang. Beberapa dari mereka mendapatkan sanksi cuti administratif dan penghapusan izin keamanan. Sejak itu Secret Service mulai mengetatkan aturan, namun itupun tidak bisa menjamin personil mereka profesional.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL