Sumber: kemenag.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Fachrul Razi secara resmi meluncurkan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) ke-8 di Jakarta pada Jumat (22/11). Menag menegaskan bahwa santri itu harus sehat, cerdas, dan amanah. Santri harus taat dan amanah kepada orang tua, bangsa, dan agama.

“Santri itu harus sehat, cerdas, dan amanah. Amanah kepada orang tua, kepada bangsa dan negara, serta kepada Allah SWT seperti itulah semestinya santri Indonesia,” ucapnya.

POSPENAS sendiri merupakan ajang pembinaan santri yang tergabung dalam pondok pesantren. Sasaran kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tiga tahun sekali ini adalah untuk menggali potensi para santri di bidang olah raga dan seni. Untuk tahun ini akan dilaksanakan pada 25-30 November 2019.

“Saya kebetulan tidak bisa menghadiri pembukaannya nanti karena harus mendampingi Bapak Wapres. Tapi saya ingin, semangat santri Indonesia harus digelorakan. Santri Indonesia, sehat, cerdas, dan amanah,” ungkapnya.

Sementara Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa Pospenas tahun ini akan diikuti oleh ribuan santri dari berbagai daerah di Indonesia. Serta aka nada 589 seniman santri yang akan berpartisipasi.

“Akan ada enam mata lomba olah raga yang dipertandingkan, dan beberapa pertandingan seni. Termasuk ada stand up comedy,” ujarnya.

Baca: BNPT Temukan Ada Pesantren Radikal, Menag: Akan Kita Bina

Adapun cabang-cabang olahraga yang diperlombakan meliputi atletik, bola voli, pencak silat, futsal, senam santri, dan cabang hadang. Cabang seni yang diperlombakan adalah kaligrafi, hiasan mushaf Al Quran, pidato tiga bahasa, seni lukis Islami, seni kriya, seni hadrah, cipta dan baca puisi, serta stand up comedy. (aw/kompas/kemenag).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*