menteri agamaJakarta, LiputanIslam.com — Saat menteri lainnya beramai-ramai mengajukan penunduran diri karena terpilih sebagai anggota DPR, tidak demikian halnya dengan Lukman Hakim Saifuddin. Ia memilih menyelesaikan jabatannya sebagai Menteri Agama hingga berakhirnya masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia pun mengundurkan diri dari penetapan sebagai caleg terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat 2014-2019.

Hari ini, Lukman mengajukan pengunduran diri dari penetapan sebagai caleg terpilih ke Partai Persatuan Pembangunan dan Komisi Pemilihan Umum. “Saya harus tuntas menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebagai Menteri Agama sampai akhir masa jabatan,” kata Lukman, seperti dilansir Detik, 2 September 2014.

Lukman yang kembali terpilih sebagai legislator untuk ketigakalinya itu lebih memilih mundur dari penetapan anggota DPR terpilih, karena tak boleh ada rangkap jabatan. Mengingat pelantikan anggota DPR baru pada tanggal 1 Oktober, dia masih menjabat sebagai Menteri Agama.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono memastikan bahwa ada tujuh menteri akan mengundurkan diri dari Kabinet SBY-Boediono. Alasannya mereka akan dilantik menjadi anggota DPR pada 1 Oktober nanti. Menurut Agung surat pengunduran diri mereka akan diajukan pada 25 September mendatang.

“Hanya ada 7 menteri yang nanti tanggal 25 September sesuai ketentuan harus mundur karena akan dilantik menjadi anggota DPR,” ujar Agung.

Menteri yang saat ini terpilih sebagai anggota DPR antara lain Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarief Hasan, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faisal, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Menteri Komunikasi dan Informatikan Tifatul Sembiring. (ph)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL