van goghNew York, LiputanIslam.com — Selembar lukisan karya pelukis terkenal Van Gogh terjual dengan harga $61,8 juta atau lebih dari Rp 700 miliar di New York, AS. BBC News melaporkan, Rabu (5/11).

Lukisan yang diberi nama “Still Life, Vase with Daisies, and Poppies” itu melampaui harga perkiraan sebelumnya senilai $50 juta dalam pelelangan yang digelar rumah lelang Sotheby’s New York, Rabu (5/11). Namun harga itu masih lebih rendah dari rekor harga lukisan karya pelukis yang sama senilai $82,5 juta.

Lukisan tersebut dibuat di masa-masa terakhir hidup Van Gogh di sebuah rumah di Perancis milik dokternya, hanya beberapa bulan sebelum meninggal tahun 1890. Itu adalah salah satu dari beberapa karya lukis Van Gogh yang dijualnya sepanjang hidupnya.

Menejemen Sotheby’s menyebutkan pembeli lukisan itu berasal dari Asia, namun tidak menyebutkan keterangan lebih rinci.

Sementara itu dalam pelelangan yang sama sebuah patung karya pemahat Swiss Alberto Giacometti tahun 1951 laku terjual dengan harga lebih dari $100 juta, namun masih di bawah rekor karya pemahat yang sama senilai $104.3 juta.

Karya seni paling mahal yang pernah terjual dalam sebuah pelelangan adalah karya seniman Inggris Francis Bacon berbentuk relif berjudul “Three Studies of Lucien Freud” seharga $142.4 juta.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL