lukisan termanalBasel, LiputanIslam.com — Sebuah lukisan yang menggambarkan dua gadis Tahiti oleh pelukis Perancis Gauguin telah terjual dengan harga $300 juta atau sekitar Rp 3,8 triliun, menjadi lukisan termahal di dunia yang pernah terjual.

Lukisan berjudul “Nafea Faa Ipoipo?” atau “Kapan Kamu Menikah?” ini dilukis pada tahun 1892 dan selama berpuluh-puluh tahun menjadi miliki kolektor asal Swiss. Terakhir lukisan ini dimiliki oleh Rudolf Staechelin asal Basel, Swiss.

Sumber-sumber yang belum bisa dikonfirmasi menyebutkan bahwa lukisan itu terjual kepadsa sebuah museum di Qatar. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (7/2).

Sebelumnya Qatar tercatat sebagai pembeli lukisan termahal di dunia senilai $259 juta, yaitu lukisan karya Paul Cezanne.

Selama berpuluh tahun lukisan gadis Tahiti itu tersimpan di Museum Kunstmuseum di Basel. Namun Staechelin memutuskan untuk menjualnya setelah terjadi perselisihan dengan museum itu. Demikian sebuah media AS melaporkan.

Staechelin mengatakan kepada New York Times bahwa ia tidak akan menyebutkan identitas pembeli lukisannya itu. Namun media yang pertama kali melaporkan penjualan itu menyebutkan lukisan itu dibeli oleh seorang warga Qatar.

Para pejabat Qatar belum memberikan keterangan tentang laporan ini.

Anggota keluarga kerajaan Qatar dikenal royal dalam mengoleksi benda-benda seni super mahal. Sheikh Saud bin Mohammed Al-Thani, mantan Menteri Kebudayaan negeri itu diketahui menghabiskan $1 miliar uangnya untuk mengkoleksi benda-benda seni.

Pada tahun 2012 Qatar mensponsori pameran seni Damien Hirst di Inggris dan kemudian memindahkan karya-karya tersebut ke Doha. Qatar juga telah menghabiskan banyak uang untuk membangun museum-museim kebudayaan dan seni Islam.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL