No to isis 12Baghdad, LiputanIslam.com – ISIS terus menerus menunjukkan aksi brutalnya di Irak dan Suriah. Kali ini, Kementerian Hak Asasi Manusia Irak mengatakan bahwa Takfiri ISIS menggunakan anak-anak Irak sebagai perisai manusia.

Dari laporan Press TV, Kementerian Irak sangat mengutuk penggunaan anak-anak Irak sebagai perisai. Setidaknya, 120 anak-anak telah direkrut oleh ISIS.

“Perisai manusia ini adalah hal yang paling berbahaya yang dilakukan ISIS dengan menarik anak-anak kecil untuk bekerja sama dengan mereka. Hal ini melawan hukum kemanusiaan dan apa yang mereka lakukan merupakan pelanggaran terhadap hukum kemanusiaan,”ujar Kamel Amin, dari Kementrian HAM Irak.

Hal ini senada dengan pernyataan dari  Human Rights Watch, yang telah mengkonfirmasi laporan bahwa Takfiri ISIS telah menggunakan anak-anak sebagai perisai, sekaligus dipersenjatai untuk membantu mereka  memerangi pemerintah Irak.

Dalam sebuah kasus, Takfiri ISIS pernah menahan 10 anak-anak di sebuah distrik di kota Mosul bulan lalu. Lalu, militan ini berkonvoi ke jalan-jalan di pinggiran kota dan menempatkan anak-anak malang itu di dalam mobil, sehingga pihak Tentara Irak tidak berani untuk melakukan aksi militer kepada mereka karena harus memastikan anak-anak itu selamat.

“Ini adalah bagian dari strategi ISIS, yaitu menggunakan anak-anak dalam pertikaian mereka sebagai perisai. Anak-anak itu digunakan untuk mencegah Tentara menargetkan militan, karena menargetkan ISIS, sama halnya dengan menyerang anak-anak itu,” kata  Issam al-Faili, seorang analis politik kepada Press TV.

Krisis di Irak kian menjadi-jadi setelah Takfiri ISIS menguasai Mosul pada bulan Juni lalu, yang disusul dengan jatunya Tikrit, dan lalu, mereka mangancam untuk menguasai Baghdad. Saat ini Tentara Irak yang dibantu oleh para relawan tengah terlibat dalam pertempuran sengit di berbagai front yang berbeda. Perkembangan terakhir, militan ini berhasil dipukul mundur di berbagai titik, termasuk Tikrit. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL