khadafiTripoli, LiputanIslam.com — Pemerintah Libya mencabut undang-undang yang melarang para mantan pejabat regim Moammar Khadafi untuk aktif di dunia politik. UU tersebut sebelumnya disyahkan pada tahun 2013 ketika parlemen bersidang di bawah kepungan milisi anti-pemerintah atas kota Tripoli.

Para aktifis mengecam undang-undang tersebut dan menyebutnya sebagai “pembersihan”. Demikian BBC News melaporkan, Selasa (3/2).

Pemerintah dan parlemen Libya yang diakui masyarakat internasional kini berkantor di kota Tobruk di timur Libya setelah ibukota Tripoli jatuh ke tangan milisi anti-pemerintah tahun lalu.

“Kami memilih untuk membatalkan undang-undang isolasi politik, dan berhasil,” kata anggota parlemen Ibrahim Alzgheid, kepada BBC.

Dalam undang-undang itu para pejabat era pemerintahan Muammar Gaddafi antara tanggal 1 September 1969 hingga Oktober 2011 dilarang aktif dalam dunia politik.

Libya mengalami chaos setelah tumbangnya pemerintahan Khadafi tahun 2011 dimana kelompok-kelompok bersenjata yang terlibat dalam penumangan Khadafi kemudian saling bersaing untuk meraih kekuasaan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL