LiputanIslam.com – Sejak pencoblosan selesai, hasil quick count maupun exit poll sejumlah lembaga survei bersliweran di televisi maupun di media sosial.

Beberapa lembaga survei terdaftar telah mengeluarkan hasil perhitungan cepat mereka yang menyatakan bahwa Jokowi-Ma’ruf lebih unggul sekitar rata-rata di atas 4 persen. Beberapa di antara lembaga survei tersebut adalah Indo Barometer, Poltracking, Litbang Kompas, Charta Politica, SMRC, Kedai Kopi, dan lainnya. Sedangkan ada beberapa lembaga survei yanf tidak terdaftar KPU seperti lembaga survei internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dan lembaga survei Jurdil 2019 pun ikut mengumumkan hasil hitung cepat mereka yang menyatakan bahwa paslon Prabowo-Sandi lah yang lebih unggul. Dua lembaga terakhir ini tidak termasuk dalam 40 lembaga resmi dan terdaftar KPU yang boleh mengumumkan hasil quick count, seperti yang dirilis KPU sebelum hari pencoblosan.

Lembaga internal BPN Prabowo-Sandi mengaku bahwa Prabowo-Sandi lah yang memenangkan pilpres dengan perolehan 62 persen. Perolehan ini diambil dari 320 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekitar 40 persen.

Sedangkan lembaga Jurdil 2019 mengklaim bahwa Prabowo-Sandi lah yang memenangkan pilpres dengan perolehan 58,1 persen. Perolehan ini didasarkan pada 1.575 TPS di 34 provinsi. Pihak jurdil mengaku bahwa lembaganya sudah mendaftar ke Bawaslu dan memiliki relawan sejumlah 6.000 yang tersebar di TPS-TPS.

Hasil dari 2 lembaga ini sangat bertolak belakang dengan hasil dari mayoritas lembaga survei terdaftar.

Pihak jurdil mengatakan bahwa data yang mereka peroleh nantinya akan dijadikan pembanding jika dirasa hasil rekapitulasi KPU curang dan aneh.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, menanggapi bahwa lembaga lain di luar 40 lembaga terdaftar tidak boleh melakukan survei dan tidak boleh mempublikasikan hasil survei. Jika masih melakukannya, itu berarti melakukan pelanggaran.

“Jika ada selain 40 lembaga survei merilis hasilnya, itu pelanggaran,” ucap Wahyu. (Ayu/Antara/CNN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*