dirjen pajamJakarta, LiputanIslam.com – Pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, jabatan unit eselon I Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan dilelang. Bagi siapa saja yang ingin mendaftar, harap segera mempersiapkan dirinya. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Kiagus Badaruddin saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (10/11/2014). Proses pendaftaran akan diumumkan pada situs resmi Kemenkeu.

“Dalam 2 hari ke depan sudah diumumkan,” sebutnya.

Pengumuman akan mencakup persyaratan pendaftaran untuk menjadi Dirjen Pajak. Mulai dari pendidikan hingga pengalaman kerja. Diharapkan calon yang mendaftar pernah berkecimpung di dunia perpajakan.

“Nanti tunggu pengumuman. Syarat pokoknya ada pendidikan S2, dan harus punya pengalaman di bidang perpajakan,” jelas Badaruddin, seperti dilansir detik.com.

Sementara dari proses administrasi akan berlanjut ke tahapan seleksi. Proses seleksi akan dilakukan oleh panitia dari internal Kemenkeu dan eksternal.

“Dari internal ada Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo sebagai ketua. Saya sebagai wakil ketua,” katanya. Saat ini, Fuad Rahmany masih menjabat sebagai Dirjen Pajak. Namun dalam waktu dekat, Fuad akan memasuki masa pensiun.

Lelang jabatan adalah sistem seleksi dan promosi jabatan yang dilakukan secara terbuka. Dengan penerapan sistem tersebut, diharapkan tak ada lagi birokrat yang mengharapkan jabatan hanya karena bermodalkan unsur KKN.

Lelang jabatan ini, mulai populer pada Juni 2013, saat Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, melantik 415 pejabat di lingkungan Pemrov, 311 camat dan lurah, yang semuanya merupakan hasil lelang jabatan sesuai proses seleksi telah dimulai sejak bulan April 2013.

Sebelum Jokowi, sudah ada beberapa instansi yang pernah melakukan hal serupa seperti di Kabupaten Jembrana sejak tahun 2002, RRI tahun 2005, dan juga Kementerian Keuangan melalui Peraturan menteri Keuangan No. 75/PMK.01/2008 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Struktural melalui Pencalonan Terbuka di Lingkungan Departemen Keuangan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL