ledakan tianjinBeijing, LiputanIslam.com — Sebuah ledakan hebat terjadi di kota pelabuhan Tianjing di Cina utara, Rabu malam (12/8), mengakibatkan setidaknya 17 orang meninggal dunia dan melukai ratusan lainnya.

Media pemerintah menyebut ledakan terjadi di sebuah gudang penyimpan ‘bahan-bahan kimia dan berbahaya’, di dekat pelabuhan kota itu.

Presiden Xi Jinping menyerukan dilakukannya upaya serius untuk memadamkan kebakaran dan menyelamatkan para korban. Demikian laporan televisi pemerintah China Central Television (CCTV), seperti dilansir BBC News.

CCTV melaporkan ledakan terjadi pada pukul 23:30 waktu setempat dan disusul oleh ledakan kedua beberapa detik kemudian. Bunyi ledakan terdengar hingga beberapa kilometer.

Kantor berita BBC Chinese Service melaporkan bahwa ledakan ini mengindikasikan sebuah insiden industri.

Lembaga pemantau gempa Cina (The China Earthquake Networks Centre) mengatakan ledakan pertama setara dengan ledakan 3 ton TNT, sementara ledakan kedua lebih hebat lagi dengan kekuatan hingga 21 ton TNT.

Kantor berita Xinhua melaporkan terjadinya sejumlah ledakan susulan, meski dengan kekuatan yang jauh lebih kecil.

CCTV mengatakan bahwa lebih dari 400 orang mengalami luka-luka akibat insiden ini, 11 di antaranya dalam kondisi kritis.

Beberapa jam kemudian kebakaran masih berlangsung meski 100 kendaraan pemadam kebakaran telah berada di lokasi. Sedangkan rumah sakit-rumah sakit setempat disibukkan dengan kedatangan para korban yang terluka dan keluarganya.

Xinhua juga melaporkan 2 orang anggota pemadam kebakaran telah ‘hilang kontak’, sementara 4 orang lainnya mengalami luka-luka.

“Saat kejadian, bumi terasa berguncang hebat, kendaraan-kendaraan dan bangunan-bangunan terguncang, kaca pecah di mana-mana dan semua orang mulai berlarian. Kini semua orang ada di jalanan,” kata seorang saksi kepada BBC.

Tianjin adalah kota berpenduduk 15 juta orang, menjadi pelabuhan utama dan kawasan industri di sebelah tenggara ibukota Beijing.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL