ledakan gasKaohsiung, LiputanIslam.com — Ledakan gas berantai terjadi di kota Kaohsiung di selatan Taiwan, menewaskan setidaknya 25 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Kantor berita BBC melaporkan, ledakan mengguncang distrik Cianjhen, melemparkan kendaraan-kendaraan dari jalanan yang terbuka di sepanjang pipa gas yang meledak.

Polisi masih menyelidiki penyebab ledakan, namun diperkirakan penyebab ledakan adalah pipa yang meledak karena aus disertai tekanan yang terlalu besar.

Ledakan terjadi hari Kamis (31/7) malam waktu setampat. Para saksi melaporkan terjadi bola api raksasa di udara ketika ledakan terjadi. Pejabat Taiwan menyebutkan terjadi setidaknya 5 ledakan keras.

“Petugas pemadam kebakaran menerima panggilan adanya kebocoran gas pada Kamis malam dan kemudian terjadi serangkaian ledakan sekitar tengah malam yang mengakibatkan kerusakan di wilayah seluas 3 km persegi,” kata jubir dinas pemadaman kebakaran nasional.

“Saya melihat banyak mobil dan sepeda motor berserakan di sepanjang jalan, dan para dokter memeriksa para korban untuk menentukan mereka masih hidup atau meninggal,” kata saksi Chen Guan-yuan kepada BBC.

“Karena area ledakan sangat panjang sehingga menyulitkan penanganan bisa dilakukan dengan cepat,” tambah Chen sembari menambahkan bahwa ledakan tersebut menimbulkan lubang besar di jalanan.

Di antara korban yang tewas adalah 4 petugas pemadam kebakaran yang tengah memeriksa kebocoran gas. Demikian laporan pejabat setempat.

Orang-orang di wilayah sekitar ledakan diungksikan ke sekolah-sekolah sekitar, sementara petugas pemadam kebakaran menangani kebakaran yang terjadi. Pada hari Jumat pagi, semua api berhasil dipadamkan.

Para petugas masih mencoba mencari korban yang diduga terperangkap di dalam reruntuhan.

Menurut koresponsen BBC, sistem penyaluran gas di kota tersebut berdampingan dengan sistem pembuangan air limbah di kota tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL