shiah nigeria3Abuja, LiputanIslam.com — Lebih dari 700 warga Shiah masih belum diketahui nasibnya paska serangan militer terhadap kediaman Sheikh Ibrahim al-Zakzaky di kota Zaria, bulan lalu. Demikian peryataan kelompok Islamic Movement of Nigeria (IMN), Kamis kemarin (14/1).

“Hilangnya orang-orang itu tidak sajak karena meninggal akibat serangan militer atau juga karena ditahan. Namun keberadaan mereka masih tidak diketahui,” kata Jubir IMN Ibrahim Musa seperti dilaporkan Press TV.

Sheikh Zakzaky adalah pimpinan Islamic Movement of Nigeria (IMN), organisasi yang mayoritas anggotanya adalah orang-orang Shiah Nigeria. Organisasi ini bersikap kritis terhadap pemerintah yang dianggap korup dan gagal menangani masalah terorisme Boko Haram.

Musa menambahkan sekitar 220 IMN saat ini berada di tahanan yang berada di kota Kaduna dan di beberapa tahanan militer lain di Nigeria.

Pada 12 Desember 2015 lalu militer melakukan serangan membabi buta terhadap para pengikut Sheikh Zakzaky yang tengah mengadakan perayaan Maulid Nabi di rumahnya. Akibatnya sekitar 1.000 orang pengikut Zakzaky tewas, di antarnya anggota keluarga dan pembantu-pembantu dekatnya. Militer berdalih melakukan serangan karena ‘marah’ konvoi militer mereka dihalang-halangi para pengikut Zakzaky.

Zakzaky sendiri kini berada di tahanan dan menghadapi tuduhan ‘kejahatan konspiasi’ dan melakukan gangguan umum.

Musa mengatakan tidak ada keluarga korban yang menerima jasad keluarga mereka yang menjadi korban.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL